24.3 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Buy now

spot_img

Sinergitas TNI POLRI Kapolres Gresik Pastikan Keamanan Gereja Jelang Perayaan Natal


Beritapolisi.com,-Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S. Bintoro mengecek CCTV di Gereja Katolik ST. Perawan Maria, di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik, Senin (24/12/2018) siang. Hal ini untuk memberikan rasa aman bagi para jemaat gereja yang akan lakukan misa natal pada Senin malam dan Selasa (25/12) esok paginya.

Menurut Kapolres, di Gereja Katolik ST. Perawan Maria terpasang sebanyak 16 CCTV di sejumlah titik areal gereja. “Sehingga, CCTV tersebut bisa mengecek semua aktivitas di areal geraja,” katanya.
Pemasangan CCTV sangat diperlukan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan saat berlangsungnya perayaan natal dan ibadah umat Kristiani.
Menurut Kapolres, di Kabupaten Gresik terdapat 25 gereja baik kecil maupun besar. Untuk menjaganya saat perayaan natal, Polres Gresik mengadakan patroli besar. “Kami kerahkan 300 personel untuk patroli tersebut,” paparnya.

Selain itu, Polres Gresik juga dibantu Brimob Polda Jatim dan Tim penjinak bom (Jibom) Gegana Polda Jatim. “Tim ini akan mengawal dan lakukan sterilisasi gereja baik malam dan pagi saat perayaan natal,” jlentreh mantan Kapolres Bojonegoro ini.
Ditambahkan Kapolres, dalam pengamanan natal, pihaknya juga dibantu personel Kodim 0817 Gresik.Sejauh ini, gereja yang akan digunakan ibadah umat Kristiani tak diketemukan adanya tanda-tanda gangguan Kamtibmas.

Namun demikian, Polres Gresik bekerjasama dengan Kodim 0817 terus melakukan penjagaan di sejumlah gereja. “Langkah ini untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini kondisi Kabupaten Gresik aman dan kondusif. Kondisi ini diharapkan tetap berjalan sampai kapanpun. “Mudah-mudahan tetap aman. Kita berdoa semua agar Gresik tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Pranciscus Siswantoro pembantu pastur Gereja Katolik ST. Perawan Maria menyatakan, jemaat di gereja tersebut sebanyak 1600. Namun, dimungkinkan saat misa jemaat sebanyak itu tak bisa hadir semua karena sedang libur. “Rata-rata mereka kan pendatang. Jadi waktu libur panjang seperti ini ya banyak yang pulang,” katanya.

Ditanya soal 16 CCTV di gereja, Fransiscus membenarkannya. “CCTV sebanyak itu diminta Pak Kapolres memasangnya untuk menjaga keamanan gereja,” terangnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles