27.3 C
New York
Friday, May 24, 2024

Buy now

spot_img

Beredar Klaim Foto Penemuan Jenazah Awak Nanggala 402, Yuuk Cek Fakta









Tenggelamnya KRI Nanggala masih menyisahkan kesedihan yang mendalam untuk warga indonesia dan Keluarga yang ditinggalkan,

Baru baru ini media sosial kembali dikejutkan dengan berbagai macam klaim terkait penemuan jenazah awak KRI Nanggala 402, Yuuk Cek Fakta

Beredar sebuah gambar tangkapan layar yang memperlihatkan foto-foto sesosok mayat yang diduga sebagai awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam beberapa waktu lalu.

Terdapat narasi dalam gambar tangkapan layar tersebut yang menyebutkan, bahwa mayat tersebut terdampar di selatan Pulau Mandangin, Madura, Jawa Timur.

Ditemukan mayat terdampar di perairan selatan Pulau Mandangin, yang identitasnya masih belum jelas tetapi jika dilihat dari pakaian yang dikenakan seperti korban awak kapal NANGGALA 402, mari bantu sebarkan agar mayat segera dievakuasi.

Baca Juga : https://bacasaja.co.id/2021/04/28/kapolresta-malang-kota-takziah-ke-rumah-duka-dansatsel-kri-nanggala-402/

 

Gambar tangkapan layar tersebut diunggah oleh akun Facebook, Al Ilmi pada 28 April 2021.

Lantas, benarkah sesosok mayat yang ada dalam foto tersebut merupakan awak kapal selam KRI Nanggala 402?

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Turn Back Hoax, foto yang diklaim menampilkan sesosok mayat awak kapal selam KRI Nanggala 402, merupakan klaim yang salah.

Faktanya, mayat tersebut bukanlah salah satu awak kapal selam KRI Nanggala 402.

Setelah dilakukan otopsi, mayat tersebut diperkirakan berusia 60 tahun dan telah meninggal selama 16 hari, terhitung dari waktu dilakukannya otopsi, atau sekira 11 April 2021.

Halaman:

Sumber: Turn Back Hoax

Sedangkan, kapal selam KRI Nanggala 402 sendiri tenggelam pada 21 April 2021.

Kadispenal Laksamana Pertama Julius Widjojono juga telah memastikan tidak ada awak KRI Nanggala yang berusia 60 tahun ke atas.

Sementara itu, setelah ditelusuri dengan mesin pencari foto Google, ditemukan foto-foto serupa yang pernah dimuat oleh sejumlah situs media berita.

Berdasarkan laporan situs-situs tersebut, sesosok mayat itu memang ditemukan di pinggir pantai Pulau Mandangin, Sampang, Madura, pada 27 April 2021.

Salah satu foto yang identik pernah dimuat oleh situs kantor berita Radio Republik Indonesia, Rri.co.id, pada 28 April 2021 dalam artikelnya yang berjudul “Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Pulau Mandangin”.

Menurut artikel itu, mayat berjenis kelamin laki-laki dalam foto itu ditemukan di pantai Pulau Mandangin, Sampang, Madura, pada 27 April 2021.

Saat dikonfirmasi, Kepala Puskesmas Pulau Mandangin, Zaini, membenarkan penemuan mayat tersebut dan menyatakan bahwa mayat itu masih akan dilakukan visum di lokasi.

Dengan demikian, berdasarkan penelusuran dan penjelasan tersebut, maka foto yang diklaim menampilkan sesosok mayat awak kapal selam KRI Nanggala 402, merupakan hoaks dan masuk dalam konten yang salah









The post Beredar Klaim Foto Penemuan Jenazah Awak Nanggala 402, Yuuk Cek Fakta appeared first on BacaSaja.

from BacaSaja https://ift.tt/3t9Mtrb
via IFTTT https://ift.tt/3xH3BrT https://ift.tt/3tdfMJp https://ift.tt/3gWYL3G

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles