18.5 C
New York
Sunday, September 25, 2022

Buy now

spot_img

Dinas Perhubungan Surakarta Akan Lakukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas Sebelum Proyek Pembangunan Jalan layang Manahan

Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas sebelum proyek pembangunan jalan layang Manahan dimulai. Uji coba digelar 12-18 Maret 2018.

Uji coba dilakukan agar masyarakat terbiasa dan tidak bingung dengan pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Sebab proyek akan dimulai pada 19 Maret 2018 dan diperkirakan selesai 8 bulan kemudian.

Kepala Dishub Surakarta Hari Prihatno, mengatakan dengan adanya proyek jalan layang, maka perlintasan kereta api (KA) Manahan akan ditutup total. Masyarakat bisa melewati perlintasan KA lain di Pasar Nongko, Purwosari ataupun Gilingan.

“Walaupun ditutup total, pengemudi dari Jalan Moewardi diberi akses ke Jalan Hasanudin, baik ke barat maupun ke timur. Lalu dari Jalan MT Haryono bisa ke barat lewat Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Adi Sucipto,” kata Hari, Senin (26/2/2018).

Rekayasa lalu lintas ini tidak jauh berbeda dengan yang penah diterapkan dalam simulasi Oktober 2017 lalu. Titik rawan macet yang diwaspadai, antara lain Pasar Nongko dan Purwosari.

“Untuk mengurangi beban di Purwosari, kita berlakukan 2 arah di Jalan Slamet Riyadi ruas Purwosari-Gendengan dan Jalan Radjiman ruas Jongke-Baron,” ujarnya.

Di kawasan Pasar Nongko, pengaturan lalu lintas berlaku hampir sama dengan hari biasanya. Hanya di Jalan Hasanudin ruas Pasar Nongko-simpang Cipto Mangunkusumo yang biasa satu arah ke timur, kini dibalik ke barat. Sedangkan Jalan Hassanudin dari simpang Cipto Mangunkusumo-Hotel Agas tetap dua arah.

“Di kawasan Pasar Nongko tidak boleh ada crossing. Baik dari barat maupun timur, tidak boleh belok kanan,” katanya.

Sementara, Wakasatlantas Polresta Surakarta, AKP Made Ray Ardana, mengimbau warga kampung turut membantu pelaksanaan rekayasa lalu lintas. Warga kampung diimbau tidak menutup portal gang.

“Jalan kampung jangan diportal. Kan lumayan itu kalau motor bisa cari-cari jalan tikus,” pungkasnya.

Sumber: Kepala Dishub Surakarta Hari Prihatno

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,500FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles