22.5 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Buy now

spot_img

Kombespol Muhammad Anwar Nasir Dapatkan Legitimasi Menpan Sebagai Inovator SKCK Online

Nama Kombespol Muhammad Anwar Nasir kembali mencuat ke permukaan di kalangan kepolisian. Pasalnya baru-baru ini perwira berpangkat melati tiga tersebut mendapatkan penghargaan langsung dari Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai pengembang dan pengimplementasi Iayanan SKCK Online dan SKCK Keliling.

Anwar yang saat ini bertugas sebagai tenaga pendidik di Sespima Polri memang layak mendapatkan legitimasi tersebut. Pria kelahiran Makasar 42 tahun silam itu telah berhasil membuat sebuah terobosan dalam pembuatan SKCK bagi masyarakat.

Melalui sistem SKCK Online yang dibangunya, Anwar telah berhasil memangkas birokrasi pengurusan SKCK di level awal. Sehingga pemohon cukup mengisi data diri melalui aplikasi dan kemudian bisa langsung menuju ke polres untuk mencetak SKCK.

Selain pemangkasan birokrasi, sistem SKCK Online tersebut juga memuat teknologi yang dapat mensinkronisasikan data kriminal di setiap kantor polisi yang ada di Indonesia. Jadi di mana saja pemohon berada dan mengajukan permohonan SKCK, kantor kepolisian setempat dapat langsung melihat catatan kriminal kepolisian dari seluruh Indonesia.

Dengan kata lain, secara otomatis sistem akan mendeteksi status pemohon apakah pernah tercatat dalam keterlibatan kriminal atau tidak.

Sistem ini sebenarnya telah dipersiapkan Anwar sejak tahun 2011, saat itu Anwar masih menjabat sebagai Wakapolres Kediri Kabupaten. Namun baru di tahun 2016 sistem tersebut sempurna dibuat dan diresmikan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menpan Asman Abnur.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles