20.6 C
New York
Saturday, May 25, 2024

Buy now

spot_img

Lagi !! SKCK Online dan SKCK Keliling Polresta Sidoarjo Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo, yakni SKCK Online dan SKCK Keliling Online, berhasil masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 “Untuk Indonesia Maju”, sebagaimana diumumkan Website Kemenpan RB pada Rabu (14/8/2019).
Melalui pengurusan penerbitan SKCK secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusan. Birokrasi berhasil di pangkas, shg waktu yang dibutuhkan lebih singkat 10 menit, pelayanan lebih mudah karena sistem pelayanannya sdh berbasis IT menggunakan layanan berbasis web dan mobile. Pembayarannya dilakukan secara non tunai bekerjasama dg lembaga perbankan sehingga dapat menghilangkan terjadinya penyimpangan (pungli).
Sentra pelayanannya tidak hanya berada di Polres dan Polsek saja namun juga juga di Mall Pelayanan Publik dan Pelayanan Publik Terpadu. Pelayanan ini di dukung mobil operasional SKCK Keliling Online yg dapat melayani dan menjangkau masyarakat di pelosok pedesaan maupun titik-titik keramaian di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. Database catatan kriminal juga sudah terhubung dan terintegrasi dengan Pengadilan Negeri setempat sehingga datanya lebih akurat. Tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani juga dapat di ketahui secara realtime melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) online yang ada.
Keberhasilan ini tidak mudah di raih karena harus bersaing dg 3.156 layanan publik yang mendaftar dan diseleksi oleh Tim Panel Independen yang di ketuai oleh Prof Dr JB Kristiadi.
Dalam siaran persnya, Menteri PANRB Syafruddin menyampaikan apresiasinya pada instansi pemerintah yang telah lolos sampai tahap ini. “Selamat untuk instansi yang sudah masuk Top 45. Semoga inovasi ini dapat terus berlanjut,” ujar Menteri PANRB Syafruddin saat mengumumkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (14/08/2019).
Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.
Proses seleksi Top 45 dilakukan oleh Tim Panel Independen dan Tim Evaluasi sementara penentuannya dilakukan oleh Tim Panel Independen. Top 45 diperoleh dari Top 99 yang diseleksi melalui tahap presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan.
Menurut informasi dari Kemenpan RB, posisi Top ini akan dikirim ke PBB untuk dilombakan. Sementara untuk penghargaan terhadap Top 45 ini menurut rencana akan diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada akhir September 2019.
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan berterima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi dan dukungan terhadap inovasi layanan publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online yang telah dilakukan Polresta Sidoarjo. penghargaan ini sebagai bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada kami di Polresta Sidoarjo, sehingga semakin memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata lulusan Akpol 1997 ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles