25.6 C
New York
Friday, June 14, 2024

Buy now

spot_img

Resmi Luncurkan SIM C1, Satlantas Polresta Malang Kota Bersiap Lakukan Sosialisasi

Resmi Luncurkan SIM C1, Satlantas Polresta Malang Kota Bersiap Lakukan Sosialisasi

Resmi Luncurkan SIM C1, Satlantas Polresta Malang Kota Bersiap Lakukan Sosialisasi
Ilustrasi – Salah satu pemohon SIM C biasa saat mengikuti ujian praktik di Satpas SIM Polresta Malang Kota, Selasa (22/8/2023).

Berita Polisi MALANG – Korlantas Polri telah resmi meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 pada Senin (27/5/2024) lalu.

SIM tersebut diperuntukkan bagi pengendara motor berkubikasi mesin 250 hingga 500cc.

Dengan adanya SIM C1 tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengendara motor dengan kapasitas mesin lebih besar.

Menanggapi hal tersebut, Satlantas Polresta Malang Kota telah bersiap melakukan sosialisasi penerapan SIM C1.

Namun, tentunya masih menunggu petunjuk atau arahan teknis lebih lanjut dari Korlantas Polri maupun Ditlantas Polda Jatim.

“Kami masih menunggu petunjuk dan arahan terkait teknis pelaksanaan di lapangan, termasuk menunggu sarana prasarananya. Karena alat ujinya yaitu motor yang akan dipakai ujian praktik termasuk sistemnya, langsung dari Korlantas Polri,” ujar Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno , Selasa (28/5/2024).

Disamping itu, ada perbedaaan yang mendasar terkait trek ujian praktik SIM C1 dan SIM C biasa. Dimana untuk SIM C1, membutuhkan trek yang sedikit lebih panjang.

“Saat ini yang tersedia atau yang kami miliki, masih diperuntukkan untuk SIM C biasa. Sehingga dibutuhkan tempat uji (ujian praktik) yang berbeda, yang sesuai dengan kapasitas mesinnya,”

“Pada intinya, apabila semuanya telah siap, tentunya kami akan segera mensosialisasikan ke masyarakat. Termasuk ke komunitas-komunitas pengendara motor besar (moge),” bebernya.

Dirinya kembali menegaskan, bahwa penerapan SIM C1 di wilayah Kota Malang masih tahap sosialisasi.

“Untuk saat ini, masih tahap sosialisasi. Sehingga apabila ada pemeriksaan (pemerikssan kendsrssn bermotor), masih belum diberlakukan penindakan pelanggaran SIM C1,”

“Karena kembali lagi, kami masih menunggu petunjuk dan arahan lebih lanjut dari Korlantas Polri maupun Ditlantas Polda Jatim. Terkait teknis pelaksanaan di lapangan termasuk penegakan hukumnya seperti apa,” tandasnya.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles