28.9 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Buy now

spot_img

Saling Lempar Terkait Penjelasan Zona Hijau Di Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim bahwa wilayahnya telah berubah menjadi zona hijau atau risiko penularan rendah pada Senin (3/8/2020). Selain itu dia juga mengatakan angka kesembuhan kasus Covid-19 cukup tinggi. “Di mana kondisi Surabaya sudah (zona) hijau yang artinya penularannya kita sudah rendah.

Lalu yang sembuh sudah banyak,” kata Risma seperti dikutip dari siaran pers, Senin (3/8/2020).

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan, perubahan status zona hijau itu berdasarkan kajian pakar epidemiologi yang diterima Pemkot Surabaya.

Dari laporan itu, kata Irvan, transmission rate di Surabaya telah berada di bawah angka satu. “Dari pakar epidemiologi, dr Ati, disampaikan data sampai dengan 26 Juni 2020 memang hijau, untuk transmission rate-nya itu sudah di bawah satu kita. Bahkan sampai dengan delapan hari kita sudah hijau,” kata Irvan sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Lihat Foto Tangkapan layar laman resmi Jatim Tanggap Covid-19 ,  Saat dikonfirmasi terkait zona hijau tersebut Kepala Bidang Humas Kementerian Kesehatan Busroni belum mengetahui data yang digunakan oleh Risma. “Saya belum cek data mana yang digunakan.

Saya juga belum tahu. Sebaiknya cek ke Dinkes Jatim dengan Kadinkes-nya, karena data nasional diambil dari provinsi,” kata Busroni pada Kompas.com, Selasa (4/8/2020). Dihubungi terpisah, Kadinkes Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan dirinya tidak bisa memastikan mengenai zona hijau Surabaya.

“Lho ya tanya ke Wali Kota Surabaya,” katanya saat dihubungi terpisah Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi mengatakan tidak berwenang mengatakan salah satu wilayahnya termasuk zona apa.

“Lho kok tanya kita?” ujarnya pada Kompas.com, Selasa (4/8/2020). Baca juga: Simak, Ini 10 Cara Pencegahan agar Terhindar dari Virus Corona Surabaya masih merah Lihat Foto Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Adapun epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo menampik bahwa Surabaya sudah zona hijau. “Surabaya sama sekali belum hijau, masih merah,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Apabila memang sudah hijau, maka banyak aktivitas yang bisa dilakukan, termasuk pendidikan. Hal itu dilakukan dengan adaptasi kebiasaan baru. Namun sekali lagi dirinya menegaskan untuk Surabaya menurutnya masih belum (zona hijau). Oleh karena itu dirinya juga mempertanyakan mengenai sumber data yang digunakan Risma.

“Lha itu dasarnya dari data mana? Katanya dari Kemenkes, padahal Pak Dirjen P2P Kemenkes (dr. Achmad Yurianto) membantah,” kata Windhu. Dikonfirmasi terpisah, Humas Pemkot Surabaya Jefri mengatakan bahwa Surabaya memang sempat hijau. Namun dia tidak merinci kapan hal itu terjadi. “Beberapa waktu lalu di website Kemenkes memang sebaran sudah stabil sehingga warnanya hijau. Datanya fleksibel dan terus bergerak,” ujar Jefri pada Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles