28.8 C
New York
Friday, June 14, 2024

Buy now

spot_img

Puti Guntur Soekarno, Blusukan Ke Pasar Saat Berkunjung Ke Banyuwangi

Calon wakil gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, blusukan ke pasar saat berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (27/1/2018).

Selain blusukan ke pasar, perempuan yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf tersebut juga singgah di Rumah Budaya Osing di Desa Kemiren untuk bertemu dengan para pendukungnya.

Di tempat tersebut, Puti juga ikut menari Gandrung bersama dua penari diiring dengan musik gamelan khas Banyuwangi. Dengan luwes, Puti menggerakkan selendang merah mengikuti irama musik yang dimainkan.

“Saya waktu kecil belajar menari tari Jawa, belajar menari Bali sedikit. Pada dasarnya saya senang dengan kesenian, senang dengan menari Jawa, nonton wayang, baca komik wayang. Tapi ini tadi pertama kali menari Gandrung. Walaupun kaku-kaku, tapi tidak terlalu memalukanlah,” katanya sambil tersenyum.

Dia berharap Kabupaten Banyuwangi bisa menjadi salah satu contoh bahwa kearifan lokal, budaya, kesenian bisa menjadi salah satu penunjang kesuksesan di sebuah kota/kabupaten.

Ia menilai bahwa di Banyuwangi, tradisi dan budaya tumbuh subur namun tidak meninggalkan perkembangan, khususnya di bidang teknologi informasi.

“Saya rasa di setiap kabupaten/kota bisa berlomba-lomba menunjukkan kearifan lokal budaya serta keseniannya,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa saka guru pembangunan bangsa dimulai dari desa dan 70 persen masyarakat di Indonesia ada di desa.

Untuk itu, dia berkeinginan agar desa-desa di Jawa Timur ditata, baik dari sisi teknologi, pelestarian kearifan lokal, kultur, adat dan budayanya.

Puti mengatakan, kesenian atau budaya harus menjadi bagian dari ekonomi kreatif di masa depan.Tadi saya diajak ke desa Kampunganyar untuk melihat smart kampung dan membuat saya bernostalgia saat liat kali. Bahagia sekali rasanya datang ke desa-desa dan bertemu dengan banyak orang,” kata dia.

Sumber: Kompas

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles