20.1 C
New York
Saturday, June 15, 2024

Buy now

spot_img

Unesa Kembangkan Robot KECE Pelayan Pasien Covid-19

Halodunia.net – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengembangkan Robot KECE (Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan) Generasi-2 yang didesain untuk melayani pasien Covid-19. Robot KECE G2 ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yang diberikan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk melayani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan menjelaskan, robot generasi kedua ini memiliki fungsi mengantar alat medis, makanan, serta melakukan sterilisasi ruangan pasien Covid-19. Bedanya dari robot generasi pertama, karena robot ini dilengkapi sensor yang bisa mendeteksi suhu tubuh dan detak jantung pasien Covid-19, serta dilengkapi musik untuk terapi pasien.

photo

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengenalkan Robot KECE (Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan) Generasi-2 yang didesain untuk melayani pasien Covid-19. – (Dok Unesa)

“Selain itu, juga dilengkapi alat yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung pasien Covid-19. Hasil pemeriksaan dapat diketahui realtime bagi pasien yang menggunakan alat tersebut,” ujar Nurhasan di Surabaya, Jumat (18/9).

Nurhasan menyampaikan, pihaknya masih mesnyiapkan Robot KECE Generasi 3 yang bisa masuk ke kamar pasien Covid-19 sesuai instruksi yang diberikan. Selain melaunching Robot KECE G2, Unesa juga meluncurkan Drone KECE. Drone KECE ini dapat menyemprotkan desinfektan yang dirasa sangat berguna di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Drone KECE berkapasitas 16 liter dan dapat menjangkau seluas 1 hektar,” ujarnya.

Ada juga beberapa produk unggulan inovasi lainnya. Di antaranya produk KECE Body Temp Check Generasi 1. Pintu pengecekan suhu tubuh ini dapat diketahui langsung hasilnya. Selain itu juga ada prototipe Motor Listrik KECE dengan spesifikasi yang sudah canggih. Selain prototipe Motor Listrik KECE, juga prototipe Mobil Listrik KECE yang dapat melaju pada kecepatan 65 kilometer/ jam dan dapat bertahan selama 10 jam.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles